25 Lagu Paling Keren di 2013


Kalau denger kata Desember, saat ini bakal saya definisikan sebagai bulan untuk kilas balik berbagai hal yang terjadi selama 2013, salahsatunya musik. Haha, ya, setelah disuguhi berbagai musik di 2013, inilah waktunya nyusun tangga lagu – kebiasaan yang terus berlanjut sejak dulu masih MD di Radio ITB tercinta. Sekilas saya lihat, musik di 2013 ditandai sama banyaknya pendatang baru seperti Lorde, Macklemore & Ryan Lewis; comeback yang sukses dari artis lama seperti Eminem, Justin Timberlake; dan makin berkembangnya lagu bergenre EDM seperti Avicii, Zedd, dkk.

Let’s cut to the chase: ini dia 25 lagu terbaik 2013 versi Aldi Ramadhika. Chart ini saya susun berdasarkan preferensi pribadi. Buat menjaga ke”mainstream”an, hanya single yang pernah masuk Billboard Hot 100 yang ada di chart ini.

note: [Artist] – [Song Title] / [album] 

25. Krewella - Alive / play harder
24. Fall Out Boy - My Song Know What You Did In The Dark / save rock and roll
23. Jay Z Feat Justin Timberlake - Holy Grail / magna carta holy grail
22. One Republic - Counting Stars / native
21. Justin Timberlake Feat Jay Z - Suit And Tie / the 50-50 experiences
20. Taylor Swift - 22 / red
19. Macklemore & Ryan Lewis Feat Wanz - Thrift Shop / the heist
18. Demi Lovato - Heart Attack / demi
17. Bruno Mars - When I Was Your Man / unorthodox jukebox
16. Zedd and Foxes - Clarity / clarity
15. Lady Gaga - Applause / artpop
14. Miley Cyrus - Wrecking Balls / bangerz
13. Selena Gomez - Come And Get It / stars dance
12. Daft Punk - Get Lucky / random access memories
11. Robin Thicke Feat T.I and Pharrel - Blurred Lines / blurred lines
10. Eminem Feat Rihanna - The Monster / marshall mathers lp 2
9. Pink Feat Nate Ruess - Just Give Me A Reason / the truth about love
8. Katy Perry - Roar / prism
7. Avicii - Wake Me Up / true
6. Icona Pop Feat Charly XCX - I Love It / this is... icona pop
…daan tibalah kita di lima besar. Saya review singkat lagunya satu per satu. Mari kita mulai. 

5. Lorde - Royals / pure heroine


Here’s the underdog. Saya ngga habis pikir kalo lagu yang jauh dari tipe mainstream seperti Royals ini bisa ada di puncak chart Billboard Hot 100, bahkan lebih dari dua bulan di kursi juara. Kalo didenger-denger, memang chorus single dari Lorde ini super catchy, denger lagunya sekali langsung bisa nyanyi pas diputer lagi. Menariknya, ternyata lirik Royals bertema anti kemapanan: “..and we’ll never be royals, it don’t run in our blood, that kind of lux just ain’t for us, we crave a different kind of buzz”. Wow – cukup takjub sama liriknya ini; salahsatu favorit saya di 2013. 

4. Miley Cyrus - We Can't Stop / bangerz


Silakan katakan apapun yang kamu mau. Haha, ya, ya, sang putri Disney yang gone bad dengan twerk dan gaya nyentriknya ini memang topik menarik untuk dibahas - tapi lebih menarik lagi single pertamanya dari album Bangerz: We Can't Stop. Meskipun saya aga "meehh" sama Miley sekarang tapi singlenya ini b-a-g-u-s. Videoklip sama performancenya di VMA juga bagus. Lagu We Can’t Stop ini punya tempo pelan tapi tetep bikin suasana pesta, saya suka bagian “It’s our party we can do what we want” – ngebikin nuansa south R&B. Nice. 

3. Macklemore & Ryan Lewis Feat Ray Dalton - Can't Hold Us / the heist


Can’t Hold Us – salahsatu lagu hiphop terenergik yang pernah saya denger. Duo Macklemore sama Ryan Lewis ini punya sound unik di single kedua album The Heist ini, paduan perkusi sama instrumennya anthemic. Saya ngefans bagian setelah chorus kedua, permainan terompet sama sing along “na-na-na”nya bener-bener nendang, cool! Kayanya seru kalo bisa nonton live performance mereka. Videoklipnya juga keren – ngga heran mereka masuk nominasi filmografi terbaik VMA. Buat saya, untuk genre hiphop, Can’t Hold Us yang paling bagus di 2013. 

2. Imagine Dragons - Radioactive / night visions 


Di 2013 ini saya ngga terlalu notice lagu rock di chart mainstream (rasanya sepi belakangan ini) tapi salahsatu yang nangkep perhatian saya adalah Radioactive dari Imagine Dragons. Meskipun band ini masih asing buat saya -baru kenal tahun ini- single Radioactive langsung nempel di telinga saya. Paduan tempo yang pelan dengan instrumen dan vokal yang powerful disini bisa ngebikin mood kelam tapi kuat. Ini lagu rock favorit saya di 2013. Sedikit tambahan, saya suka bagian mukul gong di lagu ini, haha, bisa diliat di klipnya – ato di live performance mereka di AMA 2013.

Okee sampailah kita di penghujung tangga lagu.. dan sang juara untuk tahun 2013 adalah *drumroll* 

1. Justin Timberlake - Mirrors / the 50-50 experiences 


I’m bringing sexy back.. yea! Setelah vakum beberapa tahun, JT kembali dengan sound yang sangat.. well.. JT. Salahsatunya lagu Mirrors yang diproduseri Timbaland ini. Awalnya saya ngga terlalu ngefans Mirrors tapi karena seringnya (baca: sangat sering) lagu ini diputer di radio, di TV, kalo karaoke bareng temen, dll saya mulai nyadar betapa kerennya lagu ini. Ditambah lagi lirik romansa-puitis yang divisualisasikan dengan sangat menarik di vidklipnya (klipnya bisa bikin saya diem terpesona terutama bagian kakek-neneknya) bikin lagu ini lebih dari sekedar extraordinary. Buat saya ini lagu terbaik 2013.

That's it! Secara keseluruhan 2013 ini banyak pendatang baru yang keren dengan musik beragam – bikin tahun ini jadi lebih kaya genrenya. Selain itu juga comeback dari superstar yang udah ngga asing lagi di telinga kita bikin 2013 makin semarak. Semoga di 2014 makin seru lagi :D See you next year!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja Praktek di Telkom

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta