Jobseeker


Setelah wisuda di bulan Oktober lalu, status saya berevolusi dari mahasiswa jadi pengangguran jobseeker alias sang pencari kerja. Haha. Setelah jadi jobseeker... kegiatan sehari - hari rasanya jadi beda. Sebelumnya pas berstatus mahasiswa banyak waktu yang abis di kampus: kuliah, tugas, ekstrakulikuler, dsb; harus pinter nge-manage waktu biar bisa ngejalanin hobi. Sekarang? Wah, hampir tiap hari bisa jalanin hobi: mulai dari musik, maen game, olahraga, jalan2, dsb; rasanya pengen nambah hobi biar waktu yang cukup melimpah ini lebih menyenangkan. Selain itu tentunya ditambah kegiatan wajib sang jobseeker: nyari karir yang bagus.

Untuk karir, setelah browsing info2 perusahaan di internet, saya paling tertarik sama perusahaan FMCG. Perusahaan FMCG alias fast moving consumer goods (misalnya Unilever, Nestle, dsb) di mata saya terlihat sebagai karir buat yang berjiwa muda; kesannya challenging and fun. Kerja di perusahaan besar yang produknya familiar sehari - hari kaya di FMCG ini rasanya bakal lebih enak dan menarik. Alasan yang sama kenapa saya tertarik ke perusahaan telekomunikasi misalnya XL dan Telkomsel; dan perusahaan musik misalnya Universal dan Sony Music. Buat bidang pekerjaannya, saya tertariknya human resources sama marketing, bidang yang ngga terlalu teknis; meskipun saya sarjana teknik, haha.

Mau berkarir di perusahaan bagus tentunya mesti ngelewatin tahap rekrutmen yang "bagus" juga. Dalam sebulan terakhir ini kurang lebih saya udah mulai ikut rekrutmen di 4 perusahaan. Tahap rekrutmen di tiap perusahaan umumnya sama: seleksi CV, psikotes, interview HRD, interview user, medcheck, dan terakhir tandatangan kontrak; rata - rata di rekrutmen yang saya ikut sekarang udah ngelewatin tahap interview HRD. Makin maju tahapannya makin ketat juga persaingannya; memang harus berjuang ekstra buat dapet perusahaan yang oke. Haha rekrutmen ini memang tahap paling menantang buat jobseeker.

Oke kita liat berapa lama saya akan jadi jobseeker. Targetnya di awal 2012 saya udah dapet karir pertama di perusahaan yang bagus dengan pekerjaan yang memang saya pengen. Yeah, lets get it!

Komentar

  1. Baca semua postingan lo saat jadi job seeker kasih semangat buat gue yang saat ini juga berstatus job seeker. Sukses karirnya gan! and wish me luck :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks!jadi jobseeker itu seru kok,bakal banyak jalan2 dan ketemu sesama jobseeker - tapi mesti sabar buat nunggu proses rekrutmennya..haha.semangat ya cari karirnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja Praktek di Telkom

Belum Berhasil di Rekrutmen UFLP (Unilever Future Leaders Program)

Resepsi Nikah on Budget: 50 Juta di Jakarta